Senin, 02 Mei 2016

RPP KEANEKARAGAMAN HAYATI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

Satuan Pendidikan : SMAN 1 KARIMUN
Mata pelajaran      :  IPA
Kelas/semester      :  X / Semester 1
Topik                     :  Keanekaragaman Hayati
Sub topik               :  keanekaragaman tingkat gen,jenis dan ekosistem.
Alokasi waktu       : 6 x 45”( 2 x tatap muka )
 
A. KOMPETENSI INTI
KI.1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya .
KI.2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli             (gotong royong,kerjasama,toleran,damai), santun responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dam alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangs adalam pergaulan dunia.
KI.3. Memahami , menerapkan, menganalisis , pengetahuan faktual , konseptual
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi,seni,budaya dan humaniora dengan wawasan, kemanusiaan , kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,serta menerapkan pengetahuan procedural pada kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI.4. Mengolah , menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengagumi , menjaga , melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup,objek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya.
2.1 Berperilaku ilmiah (jujur,disiplin,tanggung jawab,peduli, santun, ramah lingkungan,gotong-royong, kerjasama , cinta damai , responsive dan proaktif ) dalam melakukan percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun diluar kelas.
3.7 Mendeskripsikan keanekaragaman gen, jenis, ekosistem melalui kegiatan pengamatan.
4.9 Mengelompokkan berbagai jenis makhluk hidup pada tingkat gen , jenis dan ekosistem dari berbagai objek atau menggunakan gambar. 
Indikator : 
1. Mampu menjelaskan defenisi dari keanekaragaman gen,jenis dan ekosistem.
2. Mampu mengelompokkan berbagai jenis makhluk hidup pada tingkat gen, jenis dan ekosistem. 
3. Mampu menjabarkan macam-macam keanekaragaman ekosistem.
4. Mampu mengemukakan contoh dari macam-macam keanekaragaman hayati.
5. Mampu menjelaskan aliran air pada ekosistem. 

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Berdasarkan literature yang diamati, siswa mampu mengelompokkan berbagai jenis makhluk hidup dengan tepat dan benar. 
2. Siswa mampu menjelaskan defenisi dari keanekaragaman gen,jenis dan ekosistem menggunakan gambar.
3. Siswa mampu menjabarkan macam-macam keanekaragaman ekosistem melalui kajian lks dengan tepat.
4. Dengan menggunakan gambar , Siswa mampu mengemukakan contoh dari macam-macam keanekaragaman hayati .
5. Berdasarkan gambar yang diamati, Siswa mampu menjelaskan jenis-jenis aliran air pada ekosistem dengan tepat dan benar.

D.  MATERI PEMBELAJARAN
1. Keanekaragaman hayati
Keanekaragaman adalah semua kumpulan benda yang bermacam-macam, baik ukuran warna,bentuk,tekstur dan sebagainya. Hayati yaitu menunjukkan sesuatu yang hidup . jadi keanekaragaman hayati menggambarkan bermacam-macam makhluk hidup (organisme) penghuni biosfer. Keanekaragaman hayati disebut juga “Biodiversitas”. Keanekaragaman atau keberagaman dari makhluk hidup dapat terjadi karena akibat adanya perbedaan warna, ukuran, bentuk, jumlah,tekstur, penampilan dan sifat-sifat lainnya.
Keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman makhluk hidup yang menunjukkan keseluruhan variasi gen,spesies dan ekosistem disuatu daerah . Ada dua faktor penyebab keanekaragaman hayati , yaitu faktor genetik dan faktor luar. Faktor genetik  bersifat relative konstan atau stabil pengaruhnya terhadap morfologi organisme. Sebaliknya , faktor luar relative stabil pengaruhnya terhadap morfologi organisme. 
a. Keanekaragaman gen
Gen atau plasma nutfah adalah substansi kimia yang terdapat di dalam kromosom. Setiap individu mempunyai kromosom yang membawa sifat menurun(gen) dan terdapat didalam inti sel. Perbedaan jumlah dan susunan faktor menurun tersebut akan menyebabkan terjadinya keanekaragaman gen. Contoh keanekaragaman tingkat gen misalnya, tanaman bunga mawar putih dengan bunga mawar merah yang memiliki perbedaan , yaitu berbeda dari segi warna . 





b. Keanekaragaman jenis 
Keanekaragaman jenis adalah segala perbedaan yang ditemui pada makhuk hidup antar jenis atau antar spesies. Perbedaan antar spesies organisme dalam satu keluarga lebih mencolok sehingga lebih mudah diamati daripada perbedaan antar individu dalam satu spesies (keanekaragaman gen).
Contohnya, dalam keluarga kacang-kacangan dikenal kacang tanah , kacang buncis, kacang hijau, kacang kapri dan lain-lain. Di antara jenis kacang-kacangan tersebut kita dapat dengan mudah membedakannya karena diantara mereka ditemukan ciri khas yang sama. Akan tetapi, ukuran tubuh atau batang,  kebiasaan hidup, bentuk buah dan biji serta rasanya berbeda. 

c. Keanekaragaman ekosistem
Ekosistem merupakan kesatuan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Dalam ekosistem terdapat komponen biotik, yang terdiri atas benda-benda hidup dan komponen abiotik, yang terdiri atas benda-benda tak hidup. Dalam tiap ekosistem terdapat komponen abiotik dan komponen biotic yang berbeda-beda. Perbedaan komponen biotik dan komponen abiotik dalam ekosistem menyebabkan terbentuknya keanekaragaman ekosistem. Keanekaragaman ekosistem merupakan salah satu faktor terbentuknya keanekaragaman hayati.
Komponen abiotik meliputi letak menurut garis lintang dan garis bujurnya (latitude), ketinggian tempat (altitude), iklim,kelembaban, suhu, kondisi tanah dan lain sebagainya. Adapun komponen biotik meliputi organisme hidup termasuk produsen,konsumen, detritivor, maupun dekomposer.Secara garis besar di muka bumi ini terdapat dua macam ekosistem besar, yaitu ekosistem darat (terestrial) dan ekosistem perairan (akuatik). 
Ekosistem darat mencakup beberapa macam bioma, antara lain bioma gurun atau padang pasir, bioma padang rumput atau savanna, bioma hutan basah atau hutan hujan tropis, bioma hutan gugur iklim sedang, bioma taiga dan bioma tundra.

a. Bioma gurun/padang pasir jenis tumbuhan terbatas, seperti kaktus, perdu. Didominasi oleh daratan pasir, intensitas cahaya matahari sangat tinggi, curah hujan sangat rendah,perbedaan suhu siang dan malam sangat besar. Terdapat
di Afrika, Amerika Utara, Asia, Australia.
b. Bioma padang rumput atau savanna didominasi oleh berbagai jenis rumput, beberapa jenis pohon atau perdu,curah hujan lebih tinggi. Hewan-hewan herbivora sangat melimpah, diikuti beberapa jenis karnivora. Terdapat di
Australia, Asia Selatan, Amerika, dan Afrika.
c. Bioma hutan hujan tropis didominasi oleh pohon-pohon besar, berdaun lebar dan lebat, penghasil kayu yang utama di samping beberapa jenis liana dan epifit. Curah hujan sangat tinggi dan tersebar sepanjang tahun, keanekaragaman tumbuhan sangat tinggi. Banyak hewan-hewan arboreal,
vertebrata, dan invertebrata. Terdapat di Amerika Tengah, Amerika Selatan, Afrika, Asia Tenggara, dan Australia Timur.
d. Bioma hutan gugur iklim sedang didominasi oleh pohonpohon berdaun lebar yang menggugurkan daunnya pada musim dingin dan dapat mencapai tinggi 30-40 meter. Beriklim sedang, hujan turun pada musim panas dengan
musim dingin yang ekstrim. Hewan-hewan memiliki aktifitas bermusim. Terdapat di Amerika Serikat, Eropa,Asia Timur, Amerika Timur.
e. Bioma taiga didominasi oleh tumbuhan konifer, keanekaragaman
jenis tumbuhan sangat rendah. Terdapat di Amerika Utara, Eropa, dan Asia.
f. Bioma tundra didominasi oleh tumbuhan lumut, lumut kerak dan pohon yang kerdil. Terdapat di daerah sekitar kutub atau daerah pada ketinggian di atas 2.500 meter.
Adapun, ekosistem perairan dapat dikelompokkan berdasarkan aliran airnya dan berdasarkan kadar garamnya/(salinitas). Menurut aliran airnya ekosistem perairan dibedakan menjadi dua, yaitu:
1. Ekosistem perairan mengalir (lotik)
Air secara terus-menerus begerak sesuai dengan dina-mika aliran air. Distribusi nutrisi lebih merata dibandingkan dengan ekosistem perairan tidak mengalir, misalnya sungai.
2. Ekosistem perairan tidak mengalir (lentik). 
Tidak ada aliran air secara dinamis, distribusi nutrisi kurang merata, misalnya danau, rawa, kolam, waduk, bendungan dan lain-lain. Adapun, menurut salinitasnya, ekosistem perairan dibedakan menjadi tiga, yaitu:
1. Ekosistem air tawar
Kadar garam rendah, dipengaruhi iklim dan cuaca daratan, penetrasi cahaya matahari kurang. Misalnya danau, kolam, waduk, bendungan dan lain-lain.
2. Ekosistem air laut
Kadar garam tinggi, tidak dipengaruhi iklim dan cuaca daratan, penetrasi cahaya matahari relative lebih tinggi,misalnya laut.

E. METODE PEMBELAJARAN
1.Pendekatan  : Saintifik 
2.Metode        :  Diskusi dan Tanya jawab
3.Model          :  Numbered Head Together (NHT) yang di modifikasi. 

F. MEDIA,ALAT,DAN SUMBER BELAJAR
1. Media
Komputer , LCD , Gambar,video serta slide ppt 
2. Alat dan Bahan 
Alat tulis dan spidol
3. Sumber belajar
a. Buku-Buku Biologi SMA Kelas X : Subardi,dkk.2009. Biologi 1  : Untuk Kelas X  SMA dan MA. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
b. LKS keanekaragaman hayati
c. Bahan ajar tentang keanekaragaman hayati




G. KEGIATAN PEMBELAJARAN 
           Pertemuan Pertama ( 3 JP )
Kegiatan
Sintaks Model NHT
Deskkripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Penomoran 

· Persiapan membuka pelajaran dimulai dengan mengucapkan salam, berdoa dan absen.
· Guru melakukan pemusatan perhatian :
- Siswa menerima informasi kompetensi dasar, materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, manfaat pembelajaran, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
- Guru memotivasi siswa agar dapat aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran.
- Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok dengan tingkat kemampuan peserta didik yang beragam. Jumlah anggota kelompok 5 orang dan masing – masing anggota kelompok diberi penomoran 1 – 5.
10 menit
Kegiatan Inti
Mengajukan Pertanyaan
· Guru mulai membacakan materi apa yang akan di bahas oleh masing – masing nomor dari setiap  
 perwakilan kelompok :
Ø No 1 : Defenisi dari keanekaragaman  gen,jenis dan ekosistem.

Ø No 2 : mengelompokkan berbagai jenis makhluk hidup pada tingkat gen, jenis dan ekosistem beserta contoh.



Ø No 3 : dua macam tipe ekosistem berdasarkan tempatnya.

Ø No 4 : pembagian dari macam-macam ekosistem air laut beserta contoh.

Ø No 5 : defenisi ekosistem darat dan apa saja tujuh macam bioma dibumi beserta contoh.

· Guru mulai memancing responitas siswa dengan beberapa pertanyaan, misalnya :
v Apa itu keanekaragaman hayati ?
v Mengapa kita wajib mempelajari keanekaragaman hayati ?
v Apa saja bagian-bagian dari keanekaragaman hayati ?
v Apa saja contoh dari keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis, dan ekosistem ?
v  Apa saja jenis-jenis aliran air pada ekosistem ?

80 menit

Berfikir Bersama
· Setiap nomor dengan materi  yang telah di diberikan kepadanya, maka siswa mulai berfikir dan menemukan informasi seputar materi yang diembannya, yaitu dengan cara :
- Peserta didik mengamati literatur  tentang keanekaragaman hayati tingkat gen.jenis,dan ekosistem.
- Peserta didik mengamati media yang ditampilkan guru mengenai apa saja yang terdapat pada keanekaragaman hayati


Menjawab
· Guru memanggil siswa yang telah diberi nomor tadi.
· Perwakilan dari masing – masing kelompok  yang nomornya tersebut akan menjelaskan materi yang diembannya dan sekaligus menjawab pertanyaan yang telah diajukan oleh guru.
· Guru akan menampung semua jawaban yang telah ada dari masing – masing kelompok, namun nantinya guru akan memilih jawaban dari kelompok mana yang lebih tepat dan benar (memberi penguatan materi) sehingga memberikan point tersendiri untuk kelompok tersebut.
Penutup

· Guru melakukan review terhadap hasil kerja peserta didik  serta dapat menyimpulkan materi bersama – sama dengan peserta didik.
· Guru memberikan kuis kepada peserta didik untuk mengevaluasi sejauh mana pemahaman tiap peserta didik mengenai keanekaragaman hayati.
· Guru memberikan tugas baca untuk materi selanjutnya.
40 menit






Pertemuan Kedua ( 3 JP )
Kegiatan
Sintaks pendekatan Inquiri
Deskkripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan Situasi 

· Persiapan psikis dan fisik dengan membuka pelajaran dimulai dengan mengucapkan salam, berdoa dan absen.
· Guru melakukan pemusatan perhatian :
- Siswa menerima informasi kompetensi dasar, materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, manfaat pembelajaran, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
- Guru memotivasi siswa agar dapat aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran.
10 menit
Kegiatan Inti
Identifikasi Masalah







Observasi

Mengajukan Pertanyaan

Hipotesis 


Mengumpul-
Kan Data

Kesimpulan
· Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu pengamatan keanekaragaman hayati dan mengelompokkannya ke tingkat gen,jenis,dan ekosistem. 
· Membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.
· Melakukan pengamatan berbagai jenis keanekaragaman hayati.
· Peserta didik mengajukan pertanyaan mengenai apa yang telah diamati.
·  Memberikan jawaban sementara terhadap pertanyaan yang muncul.
· Peserta didik mencatat data dari hasil pengamatan.
· Presentasi hasil pengamatan dan mencocokkan hasil pengamatan dengan teori atau literatur yang ada.  
· Menyimpulkan hasil pengamatan ditandai dengan dapat mengelompokkan jenis – jenis Keanekaragaman tingkat gen, jenis dan ekosistem.
110 menit
Penutup

· Peserta didik dan guru melakukan review (penguatan materi) terhadap hasil kerja peserta didik  serta dapat menyimpulkan materi bersama – sama dengan peserta didik.
· Guru memberikan reward atau penghargaan kepada kelompok yang dapat bekerja dengan baik.
· Guru memberikan tugas baca untuk materi selanjutnya.
15 Enit















H. PENILAIAN
1. Jenis / Teknik Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
· Penilaian Sikap
· Lembar Pengamatan sikap dan Rubrik
· Penilaian Unjuk Kerja Saat Praktikum
· Tes Penilaian Kinerja Pengamatan keanekaragaman hayati.
· Penilaian Tertulis
· Tes Pilihan Ganda dan Essay
· Tugas rumah 
· Resume

2. Bentuk Instrumen dan Instrumen Penilaian
TERLAMPIR
3. Pedoman Penskoran
TERLAMPIR

LAMPIRAN
Bentuk Instrumen dan Instrumen Penilaian
a) Lembar Pengamatan Sikap
Lembar Penilaian Sikap pada Kegiatan Praktikum
No
Nama Peserta Didik
Disiplin
Teliti
Hati – Hati
Kreatif
Inovatif
Jumlah Skor
1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.







8.







9.







10.







11.







12.







13.







14.







15.







16.







17.







18.







19.








20.







21.







22.







23.







24.







25.







26.







27.







28.







29.







30.








Lembar Penilaian Sikap pada Saat Diskusi
No
Nama Peserta Didik
Kerjasama
Santun
Toleran
Proaktif
Bijaksana
Jumlah Skor
1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.







8.







9.







10.








11.







12.







13.







14.







15.







16.







17.







18.







19.







20.







21.







22.







23.







24.







25.







26.







27.







28.







29.







30.















b) Lembar Pengamatan Keterampilan Praktikum
Penilaian Keterampilan Pengamatan keanekaragaman hayati
No
Nama Peserta Didik
Persiapan Percobaan
Pelaksanaan Percobaan
Kegiatan Akhir Percobaan
Jumlah Skor
1.





2.





3.





4.





5.





6.





7.





8.





9.





10.





11.





12.





13.





14.





15.





16.





17.





18.





19.





20.





21.





22.






23.





24.





25.





26.





27.





28.





29.





30.









Penilaian diri
No 
Pernyataan 
Sudah memahami 
Belum dipahami 
1. 
Memahami konsep dari keanekaragaman hayati 


2.
Memahami bagian-bagian dari keanekaragaman hayati


3.
Memahami contoh dan mengelompokkan keanekaragaman hayati tingkat gen,jenis,dan ekosistem


4.
Memahami jenis-jenis aliran air pada ekosistem.




















Soal Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban yang benar
 1. Keanekaragaman hayati terbangun oleh tiga tingkatan keanekaragaman yaitu
keanekaragam ....
a. individu, populasi, komunitas
b. sel, jaringan, organ
c. gen, jenis, ekosistem
d. gen, genotip, fenotip
e. gen, jenis, populasi
2. Bermacam-macam mangga seperti mangga madu, golek, gadung, mangga,nanas merupakan keanekaragaman tingkat ....
a. gen
b. jenis
c. populasi
d. ekosistem
            e. komunitas
            3. Variasi antar individu timbul karena adanya perbedaan ....
             a. kebiasaan hidup
 b. jenis makanan
 c. habitat antar individu
 d. perilaku antar individu
 e. struktur gen
4. Perbedaan bentuk, penampilan, dan sifat pada pisang ambon, pisang kepok, pisang     raja menunjukkan adanya keanekaragaman tingkat ....
a. gen
b. jenis
c. populasi
d. komunitas
e. ekosistem
5. Lebih mudah membedakan ciri antara padi dengan jagung dari pada membedakan ciri antara padi mamberamo dengan padi cisadane karena ....
a. padi dan jagung satu familia
b. padi dan jagung tergolong rumputrumputan
c. padi dan jagung berbeda familia
d. padi dan jagung berbeda species
e. padi dan jagung satu species

                 6. Yang membedakan ekosistem lentik dan lotik adalah ....
                 a. salinitasnya
                 b. aliran air
                 c. curah hujan
                 d. intensitas cahaya matahari
                 e. ketinggian tempat

7. Istilah yang menunjukkan gambaran kekayaan keanekaragaman hayati suatu
                      wilayah adalah ....
                      a. bioprospeksi
                      b. biopestisida
                      c. bioteknologi
                      d. biodiversitas
                      e. biodegradasi
8. Perhatikan ciri-ciri ekosistem berikut!
1. salinitas rendah
2. dipengaruhi oleh iklim dan cuaca daratan
3. penetrasi cahaya matahari kurang
4. mencakup wilayah yang sangat luas
5. variasi suhu sangat tinggi
6. salinitas tinggi
Yang bukan merupakan ciri ekosistem air laut adalah ....

a. 1, 2, 3
b. 4, 5, 6
c. 1, 3, 5
d. 2, 4, 6
e. 1, 4, 5
9.Daerah peralihan antara dua bioma yang berdekatan dinamakan ....
a. termoklin
b. termodinamika
c. ekoton
d. ekologi
e. biosfer
C. Soal essay
Jawablah soal berikut dengan jawaban yang tepat!
1. Jelaskan tiga tingkat keanekaragaman hayati disertai contoh.
2. Jelaskan potensi sumber daya alam pada hutan hujan tropis.
3. Ada dua cara pelestarian keanekaragaman hayati. Sebutkan dan jelaskan.
            4. Jelaskan mengapa Indonesia sebagai megabiodiversitas.
5. Apakah perilaku manusia dapat berpengaruh pada kelestarian keanekaragaman hayati? Jelaskan.












Pedoman penskoran
Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom- kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan yaitu :
Skor 1, jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan
Skor 2, jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
Skor 3, jika sering berperilaku dalam kegiatan 
Skor 3, jika selalu berperilaku dalam kegiatan 
Penilaian sikap untuk setiap peserta didik dapat menggunakan rumus dan predikat berikut 
Nilai = Jumlah skor   × 100
                      24

PREDIKAT
NILAI
Sangat baik (SB)
80 ≤ AB ≤ 100
Baik (B)
70 ≤ B ≤ 79
Cukup (C)
60 ≤ C ≤ 69 
Kurang (K)
< 60


                                                             Padang ,      April 2015 
Kepala Sekolah SMAN 1 KARIMUN  Guru   Mata Pelajaran Biologi  


Annisa prima dedi        Suryani afrilita  
NIM : 1305695                   NIM : 1305664

Tidak ada komentar:

Posting Komentar