Senin, 02 Mei 2016


Dasar filsafat pendidikan pancasila
A. Dasar pikiran dan rasional
Secara yuridis konstitusional negara Indonesia berdasarkan pancasila yang termaksud dan pembukaan UUD 45 alinea ke-4. Ketentuan yuridis konstitusional mengandung makna konsekuensi baik formal maupun fungsional menyatakan:
1. Pancasila adalah dasar negara atau falsafat negara
2. Pancasila adalah norma-norma dasar dan norma-norma tertinggi dalam negara RI
3. Pancasila adalah ideologi negara
4. Pancasila adalah identitas dan karakteristik bangsa atau kepribadian nasional
5. Pancasila adalah jiwa dan kepribadian bangsa.

B. Hubungan filsafat pendidikan pancasila dengan pendidikan dan masyarakat
Manusia sebagai individual yang menentukan sikap dan wawasannya, kebijaksanaan dan strategi serta tujuan dan sasaran yang hendak ditempuhnya. Pertimbangan dan penentuan ini diambil bardasarkan keyakinan, motivasi dan tujuan dalam hidupnya, maka manusia sebagai subjek individual.
pendidikan adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan individu menurut tujuan dan kehendaknya secara mandiri. Masyarakat memiliki keyakinan dan kepercayaan yang tercermin dalam tujuan dan hasrat luhur atau kehendak berdasarkan cita dan karsa memilih dan menerapkan aktivitas kehidupan.
Hubungan masyarakat dengan pendidikan itu sebagai hubungan fungsional berarti:
• Bahwa masyarakat atau negara secara sadar mandiri, cita karsa, atau tujuan dan keinginan luhur yang akan dicapai melalui kebijakan, lembaga, dan strategi tertentu.
• Pendidikan suatu lembaga perwujudannya secara rasional adalah sistem pendidikan nasional yang bersumber dan ditentukan oleh cita karsa manusia menurut keyakinan dan pandangan hidup dan filsafat negara sebagai sumber nilai cita dan kepribadian nasionalnya.

Urgensi filsafat pendidikan pancasila dalam sistem pendidikan indonesia
Filsafat pendidikan adalah nilai dan keyakinan filosofis yang menjiwai dan mendasari serta memberikan identitas suatu sistem pendidikan nilai-nilai itu bersumber pada pancasila yang di laksanakan pada berbagai sistem kehidupan nasional secara keseluruhan.
Fungsi pendidikan adalah membangun potensi negara khususnya melestarikan kebudayaan dan kepribadian bangsa yang menentukan eksistensi dan martabat bangsa.
Pendidikan nasional harus dijiwai oleh filsafat pendidikan pancasila. Pendidikan pancasila merupakan tuntunan nasional, karena cita dan karsa bangsa atau tujuan nasional dan hasrat luhur rakyat tersimpul dalam pembukaan UUD 1945 sebagai perwujudan jiwa pancasila, cita dan karsa yang diusahakan secara lembaga didalam pendidikan nasional.



Sistematika filsafat pendidikan pencasila dan moral
A. Sistematika filsafat pancasila
Sistem filsafat dikategorikan sebagai berikut :
1. Bidang ontologi
• Azas dan sumber ada kemestaan dari Tuhan
• Ada alam semesta sebagai ada tidak terbatas
• Adanya subjek pribadi manusia
• Eksistensi tata budaya sebagai perwujudan martabat
• Eksistensi subjek manusia mandiri selalu dengan motivasi luhur

2. Bidang epistemologi
• Pribadi manusia adalah subjek yang secara potensial dan aktif berkesadaran tahu atas eksistensinya.
• Proses terbentuknya manusia adalah hasil kerjasama atau produk hubungan fungsional.
• Sumber pengetahuan adalah alam semesta
• Proses pembentukan pengetahuan melalui lembaga pendidikan
• Pengetahuan manusia baik jenis maupun tingkatannya dapat di bedakan.

3. Bidang oxiologi
• Tuhan adalah sumber nilai semesta yang menciptakan nilai dalam makna dan wujud.
• Subjek manusia dapat membedakan secara hakiki maka sumber nilai berada dalam perwujudan.
• Nilai dan kesadaran manusia yang realistis meliputi alam semesta.
• Manusia dan potensi martabatnya menduduki fungsi ganda dalam hubungannya dengan nilai.
• Martabat kepribadian manusia secara potensial integritas dari hakekat manusia..

B. Pancasila sebagai sumber dan dasar moral
1. Pancasila merupakan dasar negara atau falsafat negara
2. Pancasila merupakan norma dasar dan norma tertinggi didalam negara 
3. Pancasila merupakan ideologi negara, ideologi nasional 
4. Pancasila merupakan identitas dan karakteristik bangsa yang perwujudannya secara melembaga sebagai sistem negara pancasila.
5. Pancasila adalah jiwa dan kepribadian bangsa, pandangan hidup yang menjiwai.


C. Tujuan pendidikan pancasila
1. Merumuskan formal konstitusional baik dalam UUD maupun GBHN dan UU kependidikan lainnya.
2. Menjabarkan konsepsional
3. Untuk membentuk kepribadian peserta didik agar mereka tahu apa potensinya ke depan.
4. Menanamkan dan melestarikan nilai-nilai luhur pancasila baik sebagai pribadi maupun masyarakat .


D. Sistem pendidikan nasional pancasila
1. Sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan 
2. Sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan.
3. UU No.20 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional ini perlu diganti
4. Berdasarkan dari pemikiran 3 poin itu telah diganti dengan UU No.20 tahun 2003.
5. Merupakan usaha dan lembaga yang menjamin pengalaman, pengembangan, dan pelestarian pancasila secara mantap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar